Kamis, 19 Januari 2012

FUNKY KOPRAL

Funky Kopral
Mungkin gak banyak yang tahu kalo cikal bakal band yang sekarang dikenal dengan nama Funky Kopral ini dahulu kala bernama W.R Supratman. Tuh kan??? Pasti banyak yang baru denger sekarang ya??? Tenang, sekarang kita akan bahas secara jelas dan singkat, tepat, padat dan berimbang tentang band yang beraliran Funky Rock ini yang sering disebut-sebut sebagai Red Hot Chili Peppers-nya Indonesia...



Oke music mania se Indonesia dan seluruh dunia…. Kali ini gue akan membahas tentang nama band yang sudah cukup lama eksis di belantika music Indonesia
Langsung aza…!!!

Sebelum bernama Funky Kopral, Bondan & Angga emang lebih dulu tergabung di sebuah band bernama W.R Supratman. Seiring dengan berjalannya waktu dan terjadinya perubahan personil maka nama W.R Supratman pun berubah menjadi Funky Kopral dengan formasi awal Angga, Bondan, Onci, Kristo & Robbi.


Sejak tahun 1999 mereka udah berhasil ngeluarin album-album sebagai berikut:
§        1999 : Funchopat ( Universal )

Lagu-lagu dari albumnya sering banget keliaran di panggung-panggung festival band di negeri ini. Sebut saja Superfunk, Funchopat dan beberapa lagu lainnya yang enak didenger tapi butuh mantra-mantra khusus kalo mau maenin dengan baik.

Seiring dengan peredaran bumi mengelilingi matahari, di dalam tubuh Funky Kopral sempat beberapa kali terjadi perubahan personil, diantaranya adalah Onci yang kini menjadi giaris dari Band UNGU, Bondan Prakoso & juga Iman J-ROCKS yang dulu sempat mengisi kekosongan posisi gitaris di band ini.

Kalo dipikir-pikir Funky Kopral ini mirip sebuah institusi yang ngehasilin musisi-musisi tenar dan berkualitas ya??? Kebayang nggak kalo para mantan personil itu sekali-sekali maen bareng lagi,,, wow di jamin pasti susah dehhh……… hehe… ^_^







     Abis ngalamin masa kejayaan yang penuh dengan pujian, sang waktu ngebawa Funky Kopral ke sebuah masa yang sangat penuh dengan perjuangan. Album ke-3 (Lembaran Baru) berhasil dirilis ke pasaran dengan menuai apresiasi yang cukup bervariasi. Ada yang menilai kalo Funky Kopral telah terjebak pada selera pasar sehingga terkesan adanya pembunuhan karakter pada band ini. Ada juga yang muji karena ternyata Funky Kopral masih bias bertahan dan bahkan ngehasilin album seelah beberapa kali terjadi pergantian personil.
          Formasi album ke-3 kini tinggal menyisakan Robbi (drums) dan Ilham (bass). Echank (guitar) terlebih dahulu meninggalkan band ini untuk kemudian lebih berkonsentrasi menjadi additional player. Selang beberapa bulan kemudian Angga (vocal) juga dengan sangat terpaksa harus ninggalin band ini untuk selanjutnya ngejalanin aktivitasnya sebagai orang kantoran. Emang gak mudah ngejalanin hari-hari bermusik dengan sebuah band yang karakter musiknya gak terlalu “jualan” ini. Mungkin itu yang sekilas terlihat dari luar begitu melihat fenomena keluar masuknya personil di tubuh band ini.
          Selanjutnya, hari-hari Robbi dan Ilham adalah antara bertahan dengan sejuta perjuangan untuk mencari personil baru atau menyerah sama keadaan dan mengecewakan para penggemar musik Funky Kopral selama ini.
          Pilihan yang diambil adalah nerusin perjuangan Funky Kopral dengan sejuata perjuangan yang harus segera ditempuh. Audisi vokalis dan gitaris secara nasional segera dilakukan. Di luar dugaan, animonya sunggu mengejutkan, mulai dari yang amatiran sampe yang udah berkarir secara professional, bahkan ada yang merupakan finalis 10 besar Indonesian Idol juga ikudtan proses audisi. Setelah memakan waktu 2 bulan lebih , akhirnya Hendry ang merupakan mantan vokalis Bandroll terpilih sebagai vokalis baru dan Iqbal terpilih sebagai gitaris baru Funky Kopral.

Funky Kopral


ALBUM
          Segera setelah bergabungnya Hendry & Iqbal, proses karantina di studio mulai dijalanin. Proses rekaman kali ini juga ikut ngelibatin beerapa penggemar (Funchopat) guna mendengarkan keinginan atau harapan mereka terhadap musik Funky Kopral. Robbi, Ilham, Hendy, dan Iqbal langsung bekerja keras untuk menyelesaikan materi album ke-4.
          Dengan tetap berkiblat kepada musik funk dan secara serius dalam mengakomodir kebutuhan Funchopat, maka album ke-4 digarap dengan melibatkan beberapa musisi senior untuk kepentingan kualitas album ini. Edi Kemput (Grass Rock) sebagai gitaris senior di Negara ini bertindak sebagai Guitar Director. Ipang (BIP) ikut membantu proses tak vocal untuk salah satu lagu di album ini. Tidak tanggung-tanggung seorang musisi asal Amrik yang bernama Kevin juga dilibatkan untuk mengisi suara trumpet. Mas Henk (Heru) dipercayakan oleh Funky Kopral untuk mengurusi mixing. Sedangkan untuk mastering, demi kebutuhan kualitas akhir yang matang maka Stephan Santoso yang dipilih untuk mengerjakan proses mastering.
          Dengan adanya dukungan bahkan “tuntutan” yang luar biasa dari para penggemar Funky Kopral. Maka menjelang penghujung tahun 2009, Funky Kopral kembali hadir dengan album terbaru yang bertajuk “Funky Kopral” alias self tittle. Untuk albumnya ini Funky Kopral ingin menghadirkan suasanya funk yang luas dan bebas dengan tidak adanya lagi pembatasan ide atau arahan untuk membuat lagu ke warna musik yang harus sesuai dengan selera pasar saat ini.
          Lagu bertema suasana politik negri juga bias dinikmati di album self title band Funk Rock ini. Cuma digarap dengan rasa yang berbeda karena kuping kita bakal dihajar suara-suara trumpet yang begitu khas dengan musik funk. Di beberapa album barunya suara trumpet dedengan ebas dan sedikit liar. Gak Cuma itu, suara distorsi gitar serta pola aransemen yang gak gampang ditebak bakal jadi suguhan yang menarik.
          Paling gak bergabungnya Hendry dan Iqbal menambah amunisi di tubuh Funky Kopral. Kekuatan lirik lagu yang diteriakkan Hendry dan lengkingan gitar Iqbal merupakan aliran darah seger yang mengaliri album ini. Bahkan untuk lagu down tempo bias terdengan sangat lugas diri dari bayang-bayang musik mellow yang selalu tampil begitu-begitu aja dan standar.
          Lewat album barunya, Funky Kopral ingin kembali berkomunikasi dengan para pencinta musik di tanah air. Mereka berusaha menghadirkan kembali musik Funky Kopral secara baik, secara pantas untuk kepentingan mereka, untuk kepentingan penggemar dan untuk musik Indonesia.

Gooooooo trus musik Indonesia…..


(Sumber : Majalah Kort Edisi November 2009/Tahun III)







Sony VAIO SV-F14212SGRp 5.699.000Beli di Lanjar.com Sony VAIO SV-T13126CVRp 7.139.000Beli di Lanjar.com Toshiba Satelite C840-1029 DUAL CORERp 3.950.000Beli di Lanjar.com SAMSUNG GALAXY S IV REPLIKARp 1.900.000Beli di Lanjar.com Meja laptop PortableRp 150.000Beli di Lanjar.com Stiker motor Satria f Special EditionRp 50.000Beli di Lanjar.com ExactSeek.com ExactSeek: Relevant Web Search ExactSeek: Relevant Web Search
ExactSeek: Relevant Web Search

1 komentar: