Kamis, 19 Januari 2012

NETRAL Makin Mateng di Umur Tujuh Belas


Netral
Gak ada yang perlu ditanyain lagi tentang sepak terjang trio gokil ini. Tujuh belas tahun berkarir di pentas musik Indonesia, kayaknya udah bisa jadi bukti yang absolute kalo mereka adalah salah satu band terbesar tanah air.


S
emua keluh kesah dan tawa bahagia itu berawal pada 18 November 2002. Emang bukan waktu yang sebentar. Tapi tahun demi tahun ternyata berjalan begitu cepat. Segala macem hal yang ribet-ribet juga udah puas dirasain. Mulai dari pergantian personil, ngerasain jalan bareng major label, sampe akhirnya mutusin cabut dan bergerak mandiri secara indie. Semua berjalan gitu aja. Dan gak terasa, di tahun 2009 Netral udah ngerilis album ke-10, The Story of Netral. Berisi tiga belas lagu tentang pengalaman hidup. Mulai dari yang asik-asik kayak liburan dan persahabatan. Sampe yang serius kayak cinta dan nasionalisme.
          Sebelum album kesepuluh beredar, Netral juga sempat ngelempar beberapa single yang pastinya dudah familiar di kuping lo semua, yaitu Garuda di Dadaku, Lintang dan Nomer Satu. Dan di album baru ini, dari tiga lagu itu cuma Garuda di Dadaku doing yang diikutsertain. Loh emangnnya kenapa sih dua single lainnya gak masuk???
          “Soalnya dua lagu lainnya itu kan udah punya album sendiri. Lintang masuk di album soundtrack film Laskar Pelangi, yang Nomer Satu masuk di album kompilasi Yamaha Free Your Soul 2” jelas Coki. Berhubung film Garuda di Dadaku gak dibikinin album soundtrack tersendiri, jadinya tuh lagu bisa diikutin ke album The Story of Neteral. Gitu loh, Sobs…
 
          Selain Garuda di Dadaku, di album baru Netral ini lo juga bisa dengerin lagu lain semacem Susu Coklat, Kecoa dan Kupu-kupu, Nuansa Hari Merdeka (lagu tujuh belas Agustusanciptaan H. Mutahar ini dibikin versi ngepunk loh), dan lainnya. Pas dengerin Kecoa dan Kupu-kupu, lo mungkin sempet ketawa-ketiwi sendiri. Konsep musiknya lucu, tapi ternyata tema lagu ini terbilang seriusss..
          “Cinta itu punya dua sisi. Ada yang indah dan ancur. Di sini kita ngegambarin sifat cinta yang indah sebagai kupu-kupu, dan yang ancur sebagai kecoa,” komennya Bagus. Mantep juga yee… sesuatu yang serius bisa disajiin dengan gaya yang lucu dan seru. Yah, emang begitulah trio gokil itu.
          Sebagi band yang agak idealis, Netral lebih ngandelin penghasilan dari manggung. Meski begitu, penghasilah RBT yang mereka dapet juga gak bisa dibilang jelek. Emang sih. Kalo dibandingin sama band-band pop yang lagi musim sekarang, penghasilan RBT mereka gak seberapa. Tapi itu gak bikin mereka lantas ngerasa terganggu.
          “Bukannya sombong nih ya. Tapi biasanya band pop itu umurnya gak terlalu panjang,” timpal Bagus.
          “Seandainya ada personil band sekarang yang punya mobil mewah, coba aja diliat 10 tahun yang akan datang. Masih ada gak tuh mobilnya???” tambah Coki lagi yang disambut Eno dengan mesam-mesam.
          Emang mesti diakui, selama rentang tujuh belas tahun ini, Netral sempet ngalamin kondisi pasang dan surut. Tapi satu hal yang mesti disukuri adalah kenyataan bahwa mereka gak kehilangan pencintanya. Netral tetep deket dengan fans lama, dan mampu menggaet fans baru, bahkan dari generasi yang usianya terbilang sangat muda.
          Sekarang, umur netral udah tujuh belas tahun. Tugas terbesar mereka Cuma tinggal pertahanin eksistensi dengan idealisme dan kreativitas yang ada. Gak usah cari penggemar lagi. Udah banyak soalnya, hehehe.. Tapi justru hal itulah yang kayaknya paling berat. Ngeraih prestasi mah gampang. Pertahaninnya itu yang butuh perjuangan dan bikin berdarah-darah.
          Semoga mereka tetep jadi sesuatu yang luar biasa, untuk selamanya… Maju terus…


(Sumber : Majalah Kort Edisi November 2009/Tahun III)
Sony VAIO SV-F14212SGRp 5.699.000Beli di Lanjar.com Sony VAIO SV-T13126CVRp 7.139.000Beli di Lanjar.com Toshiba Satelite C840-1029 DUAL CORERp 3.950.000Beli di Lanjar.com SAMSUNG GALAXY S IV REPLIKARp 1.900.000Beli di Lanjar.com Meja laptop PortableRp 150.000Beli di Lanjar.com Meja laptop PortableRp 150.000Beli di Lanjar.com Stiker motor Satria f Special EditionRp 50.000Beli di Lanjar.com ExactSeek.com ExactSeek: Relevant Web Search ExactSeek: Relevant Web Search
ExactSeek: Relevant Web Search

1 komentar:

  1. netral....
    gue seneng band ini....

    go truss...

    BalasHapus