Rabu, 01 Februari 2012

SIMPLE PLAN


Simple Plan
      Apa yang terbayang di benak kamu saat mendengar nama band Simple Plan??? Mungkin seperti ini: “Tak lebih dari sebuah band pengusung teenage pop-punk!” album pertamanya, ‘No Pads, No Helmets…. Just Balls’ (2002) mungkin iya. Tapi di album kedua ‘Still Not Getting Any…’ (2004), musik mereka lebih keras dan perlahan meninggalkan pengaruh punk-nya. Nah yang ketiga atau yang terbaru dengan judul ‘Simple Plan’ (Atlantic/Warner), band asal Kanada yang beranggotakan Pierra Bouvier (vocal), Jeff Stinco (gitar), Sebastien Lefebvre (gitar), David Desrosiers (bas) dan Chuck Comeau (dram) ini jauh lebih matang.
Lupakan masa lalu Simple Plan. Di album terbaru dengan single andalan ‘When I’m Gone’. Pierra dkk menerapkan formula yang jauh berbeda disbanding sebelumnya, lebih berani dan eksperimental. Mereka mengumandangkan rock yang lebih terpoles, plus struktur pop yang sangat terkonsep. “Kami menggali ide-ide baru dan mengulik sound-sound baru, dan kami ternyata melangkah sangat jauh,” ungkap Jeff Stinco semangat.
Proses penyiptaan lagu kali ini lebih banyak berbasis pad aide-ide ritmis. Sebagian besar lahir dari unsure ketukan musik elektronik atau synthesizer. Bahkan menurut Jeff, porsi gitar justru datangnya belakangan. Tidak seperti di album sebelumnya di mana garukan ritem gitar benar-benar serasa disemburkan langsung di depan hidung.
“Ya, kali ini kami ingin benar-benar berbeda. Di album kedua, lebih terasa seperti sebuah album live. Sementara yang sekarang, lebih tertata. Tidak banyak proses pngeditan Pro Tools. Dan kami telah berlatih dengan sangat matang sebelum masuk studio (rekaman).” Ujar pengagum Alex Lifeson (Rush) dan The Edge (U2) ini lagi, seperti yang dikuti dari wawancaranya dengan situs Ultimate-Guitar.
Simple Plan 'Shut UP'
Khusus untuk gitar, Jeff dan Sebastien juga melakukan eksperimen dalam teknis perekaman yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan. Salah satunya di mana keduanya merekam porsi ritem di sisi (channel) berbeda, namun dengan memainkan pola yang berbeda. Karakter distorsinya juga diotak-atik dan dibuat berbeda satu sama lain. Hasilnya, ternyata membuat sound gitar mereka terdengar jauh lebih pdat, tebal dan lebar.
Ditambah lagi, di lima studio dari tiga Negara tempat mereka rekaman fasilitasnya sangat memadai. “Terlihat seperti took gitar,” cetus Jeff. Ratusan Gitar, efek dan ampli kebebasan dalam memilah-milah kebutuhan sound. Dan Dave Fortman, produser yang juga pernah menggarap album milik Evanescence dan Otep. Sangat banyak memberi masukan berarga dan bahkan menghormati keinginan para personel Simple Plan untuk mewujudkan ide-idenya.
Di antara sekian banyak gitar, efek dan ampli, Jeff dan Sebastien akhirnya paling sering memanfatkan ampli Bogner Ecstasy untuk porsi ritem serta Vox AC30 untuk clean. Sementara untuk gitar, ada Gibson Les Paul’55 Junior dan Fender Telecaster. Untuk efek delay yang kali ini cukup banyak diaktifkan, Jeff dan Sebastien mengandalkan Deluxe Memory Man.

Simple Plan dibentuk tahun 1995 di Montreal, Quebec, Kanada. Awalnya bernama Reset dan dihuni oleh Pierre Bouvier, Charless-Adre “Chuck” Comeau, Philippe Jolicoeur dan Adrian White. Dengan nama ini, mereka sempa merilis album bertajuk ‘No Worries’ dan ‘No Liits’. Setelah beberapa kali terjadi perubahan formasi, para personelnya lantar sepakat mengibarkan band baru bernama Simple Plan yang juga melibatkan dua gitaris yang tadinya terlibat di Reset, Jean-Francois “Jeff” Stinco dan Sebastien Lefebvre.
        Sepanjang karirnya, Simple Plan pernah memenangkan sejumlah penghargaan. Di antaranya empat kali mengantongi gelar “Favorite Canadian Band Award in Canada” Tahun  2003, 2004, 2005 dan 2006. beberapa hits Siple Plan yang mendunia; ‘I’m Just a Kid’. ‘I’d Do Anything’, ‘Addicted’, Perfect’, ‘Welcome to My Life’, ‘Shut Up!’, ‘Untitled’, ‘Crazy’, Perfect World’, dan ‘When I’m Gone’.
Simple Plan


Sumber : Majalah GitarPlus Edisi MEI 2008
Sony VAIO SV-F14212SGRp 5.699.000Beli di Lanjar.com Sony VAIO SV-T13126CVRp 7.139.000Beli di Lanjar.com Toshiba Satelite C840-1029 DUAL CORERp 3.950.000Beli di Lanjar.com SAMSUNG GALAXY S IV REPLIKARp 1.900.000Beli di Lanjar.com Meja laptop PortableRp 150.000Beli di Lanjar.com Stiker motor Satria f Special EditionRp 50.000Beli di Lanjar.com ExactSeek.com ExactSeek: Relevant Web Search ExactSeek: Relevant Web Search
ExactSeek: Relevant Web Search

Tidak ada komentar:

Posting Komentar