Sabtu, 04 Februari 2012

SOIL WORK


NATURAL
SOIL WORK


Personil SOILWORK
            Di tengah gencarnya promo album ‘Sworn to a Great Divide’ yang dirilis resmi Nuclear Blast Records sejak 19 Oktober 2007 lalu, dating berita menyedihkan. Ola Frenning, gitaris kunci Soilwork yang mendukung band tersebut selama 10 tahun dan terlibat penuh di penggarapan tujuh album menyatakan pengunduran dirinya. Pengumuman resminya disiarkan pada 12 Februari 2008 lalu lewat situs resmi Soilwork.
            Selain Ola, Soilwork juga sebelumnya telah kehilangan gitaris tangguhnya yang lain, yakni Peter Wichers yang memilih menekuni profesi sebagai produser. Ola dan Peter dulunya dikenal sebagai duo gitaris kompak yang telah member warna dominan pada ramuan music serta penulisan lagu di Soilwork. Untuk mengisi kekosongan, dua personel asli yang tersisa dari band melodic death metal asal Swedia ini, yaitu basis Ola Flink serta vokalis Bjorn “Spees” Strid akhirnya merekrut David Andersson sebagai gitaris pengganti buat Ola. David sendiri bukan orang baru di Soilwork. Sebelumnya ia pernah menggantikan posisi Peter Wichers saat band ini menggelar tur “North American 2006”
Ola Frenning Mantan Personil Soilwork
            Saat menggarap ‘Sworn to a Great Divide’, Ola mengakui cukup kerepotan menemukan formula yang pas dalam menulis lagu setelah Peter Wichers meninggalkan Soilwork. “cukup berat juga awalnya, karena dia penulis lagu utama. Dia punya banyak lagu di album sebelumnya, karena dia seorang penulis (Lagu) yang bagus. Tapi saat saya dan Bjorn berhasil merampungkan lagu pertama (‘Exile’), ternnyata tetap terdengar seperti Soilwork. Kami agak kuatir awalnya, tapi selanjutnya tak ada maslah sama sekalai, “ungkap Ola, yang dikkutip dari wawancaranya dengan situs Themetalforge.com.
            Namun terlepas dari adanya ketimpangan di tim penulisan lagu Soilwork, namun secara keseluruha, Ola cukup senang dengan hasil kerjanya di ‘Shorn…’. Kini ia merasa lebih bebas, karena sebagian besar proses rekaman dilakukan di kampong halaman mereka sendiri, di Not Quite Studio, Helsingborg. Ia dan personel Soilwork lainnya juga telah melakukan sedikit penggeseran kkonsep sound, yang kali ini dibarkan lebih natural. Kepada situs MetalSucks.com yang mewawancarainya, Ola (dan Daniel) yang antara lain mengombinasikan gitar Caparison, ESP serta ampli Peavy menyebut sound album ini sedikit kotor disbanding album sebelumnya, ‘Stabbing the Drama’ (2005). “Sebelumnya agak dipoles, terutama sound heavy-nya. Kali ini lebih membumi,” tandasnya.

Power Groove
            Soliwork adalah band yang dibentuk di Helsingborg, Swedia pada akhir tahun 1995. Tadinya bernama Inferior Breed dan musiknya kental dengan pengaruh dari band-band seperti Pantera, Meshuggah dan Carcass. Setahun kemudian, namanya berubah menjadi Soilwork dan mulai dikenal sebagai slah satu penggelinding sound metal klasik khas Gothenburg yang dipadukan dengan pengaruh metal Inggris dan Eropa era’80-an. Kecendrungan music mereka banyak dibangun dengan power groove riff serta permainan gitar yang melodic.
            Sepanjang karir band ini, pergantian formasi cukkup sering terjadi. Saat ini Soilwork diperkuat oleh Bjorn, Ola Flink, Daniel Antonsson (gitar), Sven karlsson (kibor), Dirk Verbeuren (dram) serta gitaris baru, David Andersson. Sementara yang telah keluar :
-       Di samping Ola Frenning dan Peter Wichers tentunya
-       Ada Ludvig Svartz (gitar), dramer Jimmy Persson dan Henry Ranta, kibordis Carlos Del Olmo Homberg serta basis Carl-Gustav Doos.
Soilwork juga beberapa kali memperkenalkan musisi tamu, antara lain gitaris Andreas holma saat menjalani tur Inggris 2006 serta David Andersson. Di rekaman, tercatat pula nama Mattias Eklundh (gitaris Freak Kitchen) yang selalu dilibatkan di penggarapan tiga album pertama Soilwork. Permainan gitar solo Mattias bisa didengarkan di lagu ‘machinegun Majesty’, ‘Wings of Domain’, ‘Needlefeast’ dan ‘No More Angels’.


Sumber : Majalah Gitar Plus Edisi Mei 2008 dan berbagai sumber
Sony VAIO SV-F14212SGRp 5.699.000Beli di Lanjar.com Sony VAIO SV-T13126CVRp 7.139.000Beli di Lanjar.com Toshiba Satelite C840-1029 DUAL CORERp 3.950.000Beli di Lanjar.com SAMSUNG GALAXY S IV REPLIKARp 1.900.000Beli di Lanjar.com Meja laptop PortableRp 150.000Beli di Lanjar.com Stiker motor Satria f Special EditionRp 50.000Beli di Lanjar.com ExactSeek.com ExactSeek: Relevant Web Search ExactSeek: Relevant Web Search
ExactSeek: Relevant Web Search

Tidak ada komentar:

Posting Komentar